Wavy Tail animasi-bergerak-selamat-datang-0025

Jumat, 21 Juni 2019




Om Awignam astu namasidham
Atas asung atas kerta wara dari Ida Sang hyang Widhi pelaksanaan upacara samawartana telah selesai kita lakukan pada Hari ini 5 Mei 2019 terhadap 16 dari 26 Siswa Pasraman Kelas 12.
Pada saat awal kalian mengikuti pembelajaran di pasraman ini dilakukan Upacara Upanayana yaitu upacara untuk menandai bawasanya kita telah menjalin suatu ikatan sebagai ‘guru-murid’ melalui ritual keagamaan. Upanayana ditandai dengan pemberian benang suci oleh sang Guru. Benang ini sebagai simbol bahwa murid dan Guru terikat erat seperti pilinan benang itu. Benang itu juga memiliki arti bahwa ikatan antara Guru dan murid itu tidak akan terlepas begitu saja meskipun antara Guru dan murid itu tidak memiliki hubungan darah. Guru merupakan symbol orang tua bagi sang murid, sehingga semua perkataannya seharusnya dipatuhi dan ditaati oleh murid tanpa bantahan dan kesangsian. Karena seperti orang tua, Guru hanya akan memberikan yang terbaik untuk muridnya. daan seorang Guru seharusnya menyayangi murid-muridnya seperti orang tua sayang pada anaknya.
Anak-anakku semua hari ini kita melakukan Upacara Samawartana. “Samawartana merupakan pengesahan terhadap para siswa  yang telah lulus dalam menempuh pendidikan selama 12 tahun di pasraman. Nah karena kalian telah menyelesaikan pendidikan di tingkat utama widya pasraman maka saat ini kalian akan meninggalkan pasraman untuk melanjutkan pendidikan kalian ke  jenjang yang lebih tinggi.  Untuk itulah maka kami para guru dan orang tua kalian menyelenggarakan Samawartana samskara ini.
Kesan ibu terhadap angkatan kalian adalah kalian semua merupakan siswa yang sopan, giat, dan kreatif.
Pesan ibu untuk kalian,  teruslah kalian menutut ilmu sesuai dengan cita-cita masing-masing, jadilah pribadi-pribadi yang menarik, tetap rendah hati dan  dalam kehidupan sehari-hari nantinya, berusahalan selalu mengatakan kebenaran, jangan lari dari tanggung jawab dan jangan pernah meninggalkan jalan Dharma walau dalam keadaan sulit sekali pun.  
Harapan Ibu semoga kalian semua sukses dalam meraih cita-cita dan menjadi orang yg berguna bagi orang lain., hanya doa terbaik yg bisa kami berikan. Selamat sekali lagi semoga menjadi manusia yg lebih dewasa dan bertanggungjawab.
Anak-anaku yang ibu cintai, mulai saat ini kalian telah dianggap dewasa dan dapat menentukan pilihan sendiri secara bertanggung jawab. Selama 12 tahun kalian menuntut ilmu di pasraman ini tidak menutup kemungkinan ada hal-hal yang kurang berkenan dari kami para guru semua yang ada di sini, khusus untuk angkatan ini kalian tiga tahun bertemu dengan ibu senagai guru kalian yaitu di kelas 7, kelas 11 dan kelas 12 banyak hal yang telah kita lewati dan banyak tempat yang telah kita kunjungi. Harapan ibu kalian tetap bisa mengenang hal-hal indah bersama. Mulai dari tirtayatra, kunjungan ke Krishna temple, kegiatan ngelawar di pasraman, bhakti social dengan membagikan makanan kepada yang kurang mampu, dsb.  Sebagai manusia biasa ibu mohon maaf bila sepenjang kebersamaan kita ada hal-hal yang kurang berkenan dihati kalian.    
Pada acara ini anak-anak juga mendapatkan pesan Dharma dari Ketua Komite Pasraman, Ketua Yayasan Dharma Santi Bogor dan Ketua WHDI kota Bogor.












                                                                                                                                                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar